Louhan
Thursday, May 13, 2004
 
Mengapa Orang Bilang Louhan Ikan Hoki?
jawaban usil saya begini:
Biasanya kalau mau puas memelihara louhan itu dari mulai benih/kecil yg belum bisa nampak corak warna keindahanya, tetapi dari sini kita sdh harus mulai memilih keturunan/species yg baik, sehingga diharapkan dari bibit yg baik akan tumbuh menjadi baik juga bukan?, (utk di ketahui, beda golongan/jenis akan beda harga dan kelas/level prestisenya)
kembali ke masalah "Hoki", setelah dengan susah payah Louhan kita piara/besarkan maka akan nampak keberhasilan/kegagalan dalam sekian waktu lamanya kita "buang" waktu utk merawatnya.
Keberhasilannya adalah kita dapatkan Louhan yg bagus (tentu mahal) sedangkan kegagalannya adalah Louhan corak jelek bahkan warnanya sensitif, tdk agresif, tdk keluar jenong (benjolan di kepala) aau bahkan yg fatal adl bila ternyata Louhan itu betina.
kesimpulan:
Hoki disini untuk mendapatkanya penulis artikan "semi-gambling", krn saat kita menentukan pilihan memelihara Louhan kecil, kita tdk akan pernah tahu sisi baiknya/coraknya ikan Louhan itu sampai dia besar.
dan konon setelah besar itulah muncul corak/motif/semacam tulisan mandarin (yg katanya bisa di baca) di bagian samping badan ikan, dan inilah yg orang pada umumnya di anggap sebagai tanda "Hoki" tersebut.
Comments: Post a Comment

<< Home

Powered by Blogger